Senin, 18 Juni 2018

KATA SAMBUTAN PADA RETREAT ANAK-ANAK SIDHI DAN PEMBINAAN PENATUA KARANG TUMARITIS LEMBANG.


PujidansyukurkitapanjatkankepadaTuhanYesus Raja gereja karena pada hari ini Jumat-Sabtu, 22-23 Juni 2018,kita dapat melaksanakan Retreat anak-anak Sidhi dan Pembinaan para Penatua GKPI Jemaat Khusus Bandung.di tempat yang sejuk ini, jugakarenaKasihsetia-Nya yang memberkati anak-anak kita sehingga Anak-anak Sidhi GKPI Jemaat Khusus Bandung dapat menyelesaikan Pendidikan Sidhi selama setahun, dan sebelum mereka menerima Berkat dari Tuhan dengan Peneguhan Sidhi, mereka sejenak mengundurkan diri ketempat yang sunyi, untuk berhubungan dengan Tuhan. Hari ini akan memasuki suatu Penyerahan kepada Tuhan semua yang telah mereka serap.…? dan bertanya Tuhan jadi apa saya nanti...? Patut kita Syukuri juga...karena Retreat ini dapat disatukan dengan Pembinaan para Penatua GKPI Jemaat Khusus Bandung. Semua ini kita laksanakan hanya dengan satu tujuan agar Pelayanan di Jemaat kita semakin baik, karena kita telah memiliki satu Komitmen yang sama dengan seluruh warga jemaat khususnya dengan Pemuda/i gereja kita. Kita sangat berharap bahwa Anak-anak Sidhi ini akan menjadi Anggota Paduan Suara PP di Gereja kita setelah mereka di dewasakan melalui Peneguhan Sidhi.
DalamInjilMateus 28: 19 – 20, adatigatugasdantanggungjawab orang Kristen/gerejasebagaitubuhKristus di duniaini yang sama-sama harus kita laksanakan khususnya rekan-rekan Pelayan.
Ketigatugasiniseringdisebutsebagaitritugaspanggilan   Kristen  yakni:  to  be,  to  go,  to  do  ( menjadi,  pergidanberbuat).

Tugaspertamaadalah“menjadi”  (to  be).  DalamKisah  Para  Rasul  1:8  Yesusmengatakan: “  Tetapikamuakanmenerimakuasa,  kalauRoh  Kudus   turunkeataskamu,   dankamuakanmenjadisaksi-Ku  di  Yerusalemdan   di  seluruhYudeadan  Samaria   dansampaikeujungbumi”.  Sebelumkitabolehpergidanberbuat,   kitaharusterlebihdulumenerimakuasaRoh   Kudus.  SebabtanpaRoh  Kudus  kitatidakmemilikikesanggupandankekuatanuntukmelakukantugas  yang  beratitu.  MengandalkankuasamanusiauntukmelaksanakantugaspekabaranInjiladalahmustahil.  “Bukandengankeperkasaandanbukandengankekuatan,  melainkandenganroh-Ku,  firmanTuhansemestaalam” (Zak.  4:6). SamasepertiYesus,  sebelumdiamulaitugasmisi-Nyauntukmenyelamatkanduniaini,   terlebihduluDiamenerimaRoh   Kudus.              Diaberkata,    RohTuhanadapada-Ku, olehsebabIatelahmengurapiAku,  untukmenyampaikankabarbaikkepada  orang-orang  miskin”  (Luk  4:18).
Demikianlahmurid-muriditu,   harusterlebihdulumenerimakuasa  agar   merekamampumelaksanakanAmanatAgungYesusKristus.  Titiktolakmisiadalah    menjadi”  (to  be).  Menjadiorang  yangpenuhdenganRoh  Kudus,  menjadiciptaanbaru   di  dalamYesusKristusdanmenjadisepertiYesus. HanyaapabilaRoh   Kudus   turundanberkuasaataskita,   makakitamenjadiciptaanbaru  (2  Kor.  5:17). 

Tugaskeduaadalah“pergi”  (to  go).   Menjadi  orang   Kristen   adalahpilihandankeputusan.   MengabarkanInjilbukanlagipilihanbagi   orang   Kristen,    tetapikewajiban.   Paulus   mengatakan“celaka”kalautidakmengabarkanInjil  (I Kor.  9:16).
Amanatkedua   yang   diberikanYesusadalah  “pergi’  YesusKristusmemanggilmurid-murid-NyadanmengutusmerekauntukpergimemberitakanInjilkeseluruhdunia.  Gerejadipanggilsebagaialat  Allahuntukmenjadigaramdanterangduniaini.  
     Kita   sebagai   orang   Kristen   jugadipanggiluntukpergimemberitakanInjil.   Siapadanapa  punprofesikita,   sebagai   orang   Kristen,  kitaterpanggildandiutusuntukpergi.   Kemana  pun   kitapergisetiapharihendaknyakitaaminkanitusebagaiperintah  Allah.  Karenaitu,   setiapkitakeluardarirumahkita,   kitaharusbertanyakepada  Allah   apa   yang   Iakehendakiuntukkitalakukanhariini   di  tempatkemanakitapergi:  kantor,   sekolah,  tempatkerja,  dansebagainya. Sudahkah GKPI ber-PI selamaini….?

Amanatketigaadalah“berbuat”  (to  do).   Kita   tidakcukuphanyapergitanpatujuandantanpaberbuat.   Pergitanpaberbuatsesuatusamadenganmenghabiskantenagadanwaktu.  Yesusmengutuskitapergiuntuk:  bersaksi,   memberitakanInjil,  memuridkan   orang,   membaptiskan,   danmengajar.   Dengan   kata   lain,   kitaterpanggiluntukmembawajiwakepadaYesusKristus, bukanmalahmenjauhkanjiwa-jiwadariKristus. ApakahkitasemuaharusmenjadiPenginjil, Penatua, atauPendeta…? Jawabnyatidak, denganmembantugerejamelaluiapa yang kitaterimadariTuhan, kitasudahmelaksanakanketigatugaspanggilantersebut. Mendukungmelaluipersembahan, PI, Diakoni, danpelayanan yang lainnya, kitasudahturutberbuat.Sejak hari ini kita/anak-anak Sidhi, marikitabersama-samabertanyakepadadirikita, sudahsampaidimanakitaberbuatuntukTuhan…?
Jangantanyaapa yang sudahdiperbuatgerejakepadamu, tapitanyalahdirimuapa yang sudahkamuperbuatuntukgereja, jangan Tanya apa yang sudahdiperbuatTuhankepadamu, tapitanyakandirimuapa yang sudahkamuperbuatuntukTuhan.

Akhirnya saya sebagai Pimpinan/Pendeta Jemaat Khusus Bandung, mengucapkan terimakasih kepada semua Panitia yang telahj berlelah untuk mewujudkan Acara selama dua hari ini. Tuhan Yesus Memberkati sdr/I dan memberkati Jalinan Kerjasama yang telah di jalin bersama Majelis khususnya Pengurus Hariaqn Jemaat  Khusus GKPI Bandung.
SelamatRetreat dan Pembinaan, Tuhanmemberkati.
Pdt. R.H.L. Tobing. S.Th. MA




Tidak ada komentar: