Yesaya 58,4-12
2 Kor 9: 6-15 : Memberi Dgn
Sukacita,bkn krn Paksaan, berantam dulu mau memberi ucapan Syukur. Ilustrasi
ttg Memberi yg terbaik utk Tuhan, Peng 6:2
1."Mengapa kami berpuasa dan Engkau tidak
memperhatikannya juga? Mengapa kami merendahkan diri dan Engkau tidak
mengindahkannya juga?" Yesaya 58:3a Pembukaan: PUASA YANG SEJATI. Nabi
Yesaya bin Amos secara serius mengingatkan umat Yehuda agar kembali bertobat
kepada TUHAN karena selama ini mereka mengalami kemerosotan moral yang hebat.
Untuk itu ia bernubuat dengan suara lantang bagaikan sangkakala (58:1).
Kondisinya semakin parah karena umat Allah (Yehuda) rupanya jatuh pada
penghayatan agama yang legalistic – formalistic (mengutamakan formalitas sesuai
dengan aturan/hukum agama yang berlaku), namun secara hakiki mereka jauh dari
Allah (ay.2). Yesaya menegaskan bahwa PUASA yang tidak dilandasi oleh
spiritualitas yang benar adalah sia-sia belaka (ay.3-4 "Mengapa kami
berpuasa dan Engkau tidak memperhatikannya juga? Mengapa kami merendahkan diri
dan Engkau tidak mengindahkannya juga?" Sesungguhnya, pada hari puasamu
engkau masih tetap mengurus urusanmu, dan kamu mendesak-desak semua buruhmu.
Sesungguhnya, kamu berpuasa sambil berbantah dan berkelahi serta memukul dengan
tinju dengan tidak semena-mena. Dengan caramu berpuasa seperti sekarang ini
suaramu tidak akan didengar di tempat tinggi) Khotbah: Puasa yang dikehendaki
Allah adalah “merendahkan diri” dan “mewujudkan keadilan” kepada sesama (ay.6)
,mewujudkan “cinta kasih” dan kepedulian
kepada sesama terutama kepada mereka yang menderita (ay.7). Bila hal itu
dilakukan maka ada berkat TUHAN yang pasti diterima, yaitu: • Ada pengharapan di tengah kesesakan dan
pergumulan (ay. 8, 10) • Ada relasi yang
baik dengan Tuhan (ay. 9) • Ada pengharapan di dalam Tuhan (ay. 10) • Ada pertolongan Tuhan (ay. 11) • Ada jaminan keberhasilan (ay.
12, 14) Dari uraian tsb., kita bisa menarik kesimpulan bahwa PUASA bukan
sekedar menahan diri dari makan dan minum. Puasa juga bukan sekedar memenuhi
Hukum Agama. Namun lebih dari itu semua bahwa Puasa adalah kesediaan untuk
bertobat/merendahkan diri di hadapan Allah yang ditandai dengan mewujudkan
keadilan, cinta kasih dan kepeduliaan terhadap sesama manusia. Banyak orang
berpuasa karena suatu tujuan tertentu. Namun ada yang berpuasa hanya karena
terpaksa atau karena kewajiban yang harus dijalankan. Tapi pada intinya orang
berpuasa selalu mempunyai tujuan agar mendapatkan sesuatu yang dia doakan
karena merasa tidak cukup bila berdoa saja; mungkin juga karena terlalu
beratnya pergumulan yang dihadapi sehingga perlu disertai puasa. Puasa adalah
sesuatu yang kita lakukan sebagai bentuk merendahkan diri di hadapan Tuhan,
memohon pertolonganNya. Puasa bukan sekedar menahan lapar dan dahaga saja tapi juga nafsu kedagingan kita.
2.Puasa merupakan bagian dari peribadahan hampir semua
agama. Kekristenan juga mengenal puasa (Yunani:
nesteia: ne=tidak; istea=makan. Lukas 18,12), bahkan Yesus sebagai Guru
besar orang Kristen itu pun berpuasa selama 40 hari, 40 malam. Dengan berpuasa
Yesus hendak menyampaikan pada pengikutNya supaya * bersikap merendahkan hati;
* menyatakan rasa kasih pada Tuhan; * mendisiplinkan tubuh dari keinginan
daging (menyangkal diri), menaruh simpati pada sesame yang miskin; *Meminta
jawaban dari Tuhan untuk masalah yang kita hadapi. *Mengusir setan. Jadi, puasa
bukan sekedar tidak makan dan tidak minum, tetapi dengan puasa, kita mengerti
penderitaan orang yang lapar karena tidak ada makan atau karena kemiskinan; dengan
berpuasa kita kuat melawan godaan, kita tidak akan memperebutkan makanan,
tetapi mau menunggu, antri sesuai dengan barisan, karena saat kita lemah akan
banyak menggoda iman kita, tetapi apakah kita dapat mengendalikan diri? Saat
berpuasa kita boleh menyisihkan makanan yang harusnya kita makan untuk dibagikan bagi orang yang berkekurangan.
Secara terperinci, jujur dan terbuka kita
mengakui segala dosa dan kesalahan di hadapan Tuhan. Jangan pernah
menyembunyikan dosa sekecil apa pun, sebab "...tidak ada suatu
makhlukpun yang tersembunyi di hadapan-Nya, sebab segala sesuatu telanjang dan
terbuka di depan mata Dia, yang kepada-Nya kita harus memberikan pertanggungan
jawab." (Ibrani 4:13). Dosa harus benar-benar dibereskan di
hadapan Tuhan secara tuntas, jika tidak, pertumbuhan rohani kita tidak akan
pernah maksimal dan berkat-berkat Tuhan pun akan menjadi terhalang.
Karena itu kita harus menjadi orang Kristen yang benar-benar merdeka, terbebas
dari segala belenggu dosa dan kuk. Tuhan berkata, "Berpuasa
yang Kukehendaki, ialah supaya engkau membuka belenggu-belenggu kelaliman, dan
melepaskan tali-tali kuk, supaya engkau memerdekakan orang yang teraniaya dan
mematahkan setiap kuk," (Yesaya 58:6).
3. Umat Jahudi juga melakukan puasa. Ada persoalan yang muncul saat berpuasa, yaitu terjadi perbantahan, perkelahian dan memukul dengan tinju. Ada tindak kekerasan saat melakukan ibadah puasa. Allah hendak menyatakan puasa tidak sekedar tidak makan dan tidak minum, tetapi melampaui dari itu, di mana dengan berpuasa kita menjadi kuat menahan nafsu amarah, meskipun kita lapar dan haus, bahkan saat di gurun pasir. Memang seseorang yang lapar akan mudah jatuh ke pencobaan, makanya sering kita dengar, karena lapar orang mau menyikut, mencuri, bahkan membunuh. Tetapi dengan berpuasa (dari kata puasa dalam bahasa Ibrani: Tsum, inna natsyo: merendahkan diri di hadapan Allah. Imamat 16,29+31; 23, 27-32), lapar tidak membuat kita menjadi marah, sebaliknya akan semakin rendah hati, lemah lembut dan memikirkan orang yang belum makan.
4. Ketika terjadi kemorosotan iman dan moral orang Israel yang telah masuk ke Yerusalem, setelah kembali dari pembuangan Babel, Yesaya menyampaikan pada bangsa itu, supaya kembali pada peribadahan yang benar, membenahi iman dan tidak hanya mementingkan diri sendiri. Memang mereka rajin melakukan ritual ibadah, termasuk berpuasa, tetapi ibadah itu tidak membawa dampak dalam pembangunan iman mereka. Mereka beribadah, tetapi rumah Tuhan yang hancur tidak dibenahi sebaliknya, rumah mereka yang lebih dahulu di bangun. Ibadah demikian tidak dikehendak oleh Tuhan yang membawa mereka keluar dari pembuangan, bahkan dalam ay.8 dikatakan, suara mereka tidak di dengar jika ibadah itu hanya rutinitas yang tidak membawa baik dalam hidup mereka dan lingkungan mereka. Koor yang telah dilatih bertahun-tahun dan sangat indah tidak di dengar Tuhan kalau itu hanya sekedar numpang manggung di gereja. Itulah yang dikatakan Nabi Amos dalam pasal 5; ‘Aku benci ibadahmu, Aku benci persembahanmu, jika tanpa keadilan’.
3. Umat Jahudi juga melakukan puasa. Ada persoalan yang muncul saat berpuasa, yaitu terjadi perbantahan, perkelahian dan memukul dengan tinju. Ada tindak kekerasan saat melakukan ibadah puasa. Allah hendak menyatakan puasa tidak sekedar tidak makan dan tidak minum, tetapi melampaui dari itu, di mana dengan berpuasa kita menjadi kuat menahan nafsu amarah, meskipun kita lapar dan haus, bahkan saat di gurun pasir. Memang seseorang yang lapar akan mudah jatuh ke pencobaan, makanya sering kita dengar, karena lapar orang mau menyikut, mencuri, bahkan membunuh. Tetapi dengan berpuasa (dari kata puasa dalam bahasa Ibrani: Tsum, inna natsyo: merendahkan diri di hadapan Allah. Imamat 16,29+31; 23, 27-32), lapar tidak membuat kita menjadi marah, sebaliknya akan semakin rendah hati, lemah lembut dan memikirkan orang yang belum makan.
4. Ketika terjadi kemorosotan iman dan moral orang Israel yang telah masuk ke Yerusalem, setelah kembali dari pembuangan Babel, Yesaya menyampaikan pada bangsa itu, supaya kembali pada peribadahan yang benar, membenahi iman dan tidak hanya mementingkan diri sendiri. Memang mereka rajin melakukan ritual ibadah, termasuk berpuasa, tetapi ibadah itu tidak membawa dampak dalam pembangunan iman mereka. Mereka beribadah, tetapi rumah Tuhan yang hancur tidak dibenahi sebaliknya, rumah mereka yang lebih dahulu di bangun. Ibadah demikian tidak dikehendak oleh Tuhan yang membawa mereka keluar dari pembuangan, bahkan dalam ay.8 dikatakan, suara mereka tidak di dengar jika ibadah itu hanya rutinitas yang tidak membawa baik dalam hidup mereka dan lingkungan mereka. Koor yang telah dilatih bertahun-tahun dan sangat indah tidak di dengar Tuhan kalau itu hanya sekedar numpang manggung di gereja. Itulah yang dikatakan Nabi Amos dalam pasal 5; ‘Aku benci ibadahmu, Aku benci persembahanmu, jika tanpa keadilan’.
5. Tuhan sungguh menghendaki ibadah puasa, di mana pada
hari puasa menjadi hari merendahkan diri, membuka belenggu kelaliman,
melepaskan tali untuk memerdekakan orang yang teraniaya, memecah rotimu untuk
orang lapar serta memberi pertolongan bagi orang miskin (ay. 5-7). Saat
berpuasa akan nampak dalam dirinya terang seperti fajar, lukanya pun akan pulih
karena telah dimenangkan dengan perbuatan baik dan kepedulian terhadap
lingkungan.
6. Di Negara kita muncul berbagai istilah saat ini
tentang bobroknya moral dan hukum Negara. Ada yang menjadi saksi dusta dengan
berbagai rekayasa untuk suatu scenario yang mendukung kebebasan dari hukuman,
ada yang disebut sebagai mafia peradilan, dsb. Yang menjadi pertanyaan, sebagai
umat beragama apakah sumbangsih kita untuk membongkar kelaliman ini? Apakah
makna kita dalam membebaskan orang yang teraniaya? Mungkin sebagian sudah
mengatakan bahwa sudah ada yang berwewenang untuk itu, sebagaian ambil bagian
dengan mendukung kelompok tertentu dalam sebuah gerakan agar keadilan ditegakkan,
dsb. Tetapi, saat ini kita terpanggil agar ibadah, doa dan puasa kita boleh
membawa dampak untuk kepedulian social,
untuk suatu kehidupan yang mau berbagi. Istilah yang digunakan Rasul paulus
dalam 2 Korintus 9,6 agar mengingat hukum tabur tuai, menabur sedikit, sedikit yang dituai, menabur banyak, melimpah
tuaiannya. Menabur dalam kasih akan mendapat damai sejahterah, menabur dalam
daging akan dihancur oleh keinginan dagingnya
7. Puasa bukan untuk didemonstrasikan, tetapi sebuah
keheningan, meditasi, dan berdiam diri merendahkan hati, tunduk
secara hormat pada Tuhan. Ketika puasa didemonstrasikan, maka dia akan
menunjukkan muka murung seperti orang lapar, sebaliknya, ketika puasa menjadi
keheningan, dia akan tetap segar dan lincah melakukan kebaikan (ay 10),
sehingga hidupnya bagi sesama seperti terang yang terbit pada kegelapan. Di
keheningan yang berbuat itulah Tuhan mendengar suaranya, mendengar
keheningannya, karena Tuhan yang menuntunnya melewati jurang maut, dan
membebaskannya dari godaan yang mengitari hidupnya.
8. Inilah ibadah sejati, ibadah puasa yang berkenan di hadapa Tuhan: terbuka memberi pertolongan dalam doa dan perbuatan, dalam kata dan pikiran, dalam ibadah dan pekerjaan. Amen. Pdt. R.H.L. Tobing.
8. Inilah ibadah sejati, ibadah puasa yang berkenan di hadapa Tuhan: terbuka memberi pertolongan dalam doa dan perbuatan, dalam kata dan pikiran, dalam ibadah dan pekerjaan. Amen. Pdt. R.H.L. Tobing.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar