Sabtu, 27 Oktober 2018

KhotbahMinggu 23 Sep 2018 Cara Pandang Yang Benar Akan Kekayaan Hidup yang diubahkanKristus


Lukas 19:1-10

Perjumpaan zakheus dengan Tuhan Yesus merupakan perjumpaan yang Membawa perubahan besar dalam kehidupan nya. Ia tidak menduga hal itu akan terjadi. Awalnya, Dia hanya ingin melihat seperti apakah Yesus itu. Namun, di luar dugaan nya, ternyata Tuhan Yesus dating kekota Yerikho khusus untuk menemuinya. Tuhan yesus berkata, “zakheus, segera lah turun, sebab hari ini aku harus menumpang di rumahmu.”Ada satuhal yang menarik untuk diperhatikan dalam kisah ini, yakni kata “harus” (lih. Yohanes 4:4).Tuhan Yesus harus menumpang dirumah zakheus dan Tuhan Yesus harus melintasi daerah samaria. Inimenekan kan tentang misi kedatagan-nya kedalam dunia. Hati-nya yang Penuh dengan belaskasihan mendorong-nya untuk mencari dan menyelamat kan manusia yang
berdosa.
Siapakahzakheus?
Artinama: adalah tulus, bersih, suci. Akan tetapi, kehidupan dan namanya bertolak belakang. Perilaku dan perkataan zakheus tidak memperlihatkan ketulusan, bersih, suci dan integritas.
Apa yang terjadi dengan zakheus? Pekerjaannya yang berkaitan dengan pemungutan cukai telah menempatkan nya pada posisi yang tidak mungkin untuk menjaga semuanya itu. Pemungut cukai adalah pegawai kerajaan romawi (yang waktu itu            menjajah israel). Mereka ditugaskan untuk memungut pajak dari bangsanya sendiri, yakni sesama orang yahudi. Bahkan, terkadang pajak yang dipungut pun sangat keterlaluan.
Pandangan orang yahudi: orang yahudi yang bekerja pada pemerintah romawi disebut sebagai pengkhianat atau kafir sebab mereka telah mempermainkan imannya dengan cara pro bangsa romawi yang menyembah berhala.
Orang yahuditelahbelajardaripengalamanpembuanganke babel karenamerekatelahberulang kali jatuhkedalamdosapenyembahanberhala. SejakituMerekatidakmaulagibersentuhandenganberhala. Karenaitu, orang yahudisangatbencikepadapemungutcukai yang bergauldanhidupdari orang romawi.
Zakheusbukanhanyaseorangpemungutcukai, tapidiaadalah kepala pemungutcukai. Iniadalahjenjangkarir yang sangatbagus, dantidakgampanguntukmencapainya. Itusebabnya, zakheus bias menjadi orang kaya.
Apa yang menyebabkanzakheusreladicapsebagaipengkhianat? Karenauang. Zakheustidakmempedulikanpandangansoialterhadapdirinya, yang penting kaya. Ia pun tidakmempedulikanhatinuraninya, asalkanimpiannyatercapai.
Bagaimanakarakterzakheus? Jikasaudara bias membayangkanseorangpemungutcukai yang memeras, makasaudara juga membayangkanbagaimanakarakterzakheus: cintauang, pelit, serakah, galak, pemeras – tidakberperikemanusiaan
Refleksi: ada orang-orang yang relauntukmengorbankanhal-hal yang paling berhargadalamdirinya: hargadiri, kehidupanrohani, bahkanimannyasekalipun karenauang.
Perubahanapa yang terjadipadadirizakheus?
Ayat 8:
"tuhan, setengah darimilikkuakan kuberikankepada orang miskin  dansekiranyaadasesuatu yang kuperasdariseseorangakankukembalikanempat kali lipat."
Jikakitamemperhatikanayat 8 ini,
Makasangatkontrassekalidengankehidupanzakheussebelumnya.Tadinya serakah, sekarangmalah memberikansetengahdarihartanya.Tadinya garangterhadap orang miskin, sekarangmalah berbelaskasihan.Tadinya kerasdankasar, tapisekarangmenjadi orang yang peduli, care, dsb.Tadinya mementingkandirisendiri (mengejarkekayaan demi dirisendiri), sekarang mementingkan orang banyak.
Kalaudibayangkan: makazakheusmenjadi orang yang “tidakpunyaapa-apalagi” ataukalau pun masihpunya, makaiatidakmempunyaisecaraberkelimpahan.
Misalnya zakheusmemilikikekayaansebanyak 1 m. Berdasarkanjanjinya, maka 500 jutadiberikankepada orang miskin; selainitu, iaakan mengganti 4x lipatkepada yang diperas (menuruthukum taurat: mengembalikanseharga yang diperasdanditambah 20%, tapizakheusmengganti 400%). Inimelampauiketetapan yang ditetapkanolehtaurat.Jikazakheussudahmemilikiistri, bagaimanapendapatistrinya? Apakahistrinyamendukungkeputusannya?
Refleksi:
Bagaimanadenganbuahpertobatan yang kitahasilkan? Apakahkitahanyamenghasilkanbuah yang manis di bibirtapitidakmenunjukkanbuah yang sesungguhnya?
Apa yang menyebabkannyaberubah?
KedatanganYesuskerumahdanhidupnyatelahmengubahkannya. Menurut Lukas 8, kitamengetahuibahwapemungutcukaimerasaenggan (tepatnyamalu) untuk dating ke bait Allahdanberdoa. Kalau pun merekadatang, merekaakanberdirijauh-jauhkarenamenyadarikeberdosaandanketidaklayakannya.
Akan tetapi, sekarang TuhanYesus yang mendatanginya, dan menumpang di rumahnya! Di luardugaannya, bahwaTuhanYesusbersediauntukhadir di dalamrumahdanhidupnya. Iamerasakankasih, pengampunandanpenerimaandariTuhanterhadapdirinya. Orang-orang di sekitarnyamenolakdanmembencinyakarenadosanya, tapi Allahbersediauntukmenerimanya. AnugerahTuhan yang telahmenerimadanmengampuninyatelahmembuatnyaberubah.
Banyaktokoh-tokoh di dalamsejarahkekristenan yang hidupnyadiubahkanolehkasihTuhan. Salah satunyaadalahagustinus. Sebelumbertobat, agustinusmemilikikehidupan yang tidakbaik. Namun, setelahbertobat, iamemberikandirinyabagi Allahdanpelayanannyamembawadampak yang besarbagigerejahinggahariini.
Apa yang bias menjadiperenunganbagikita…?
1.      DidasariataskasihKristus yangsudahmenyentuhkita, lakukanlahsegalasesuatu di dalamkasih-nya.
Rasul Paulusmengingatkankita “dansekalipunakumembagi-bagikansegalasesuatu yang adapadaku, bahkanmenyerahkantubuhkuuntukdibakar, tetapijikaakutidakmempunyaikasih, sedikitpuntidakadafaedahnyabagiku” (1 korintus 13:3). Lakukanlahsegalasesuatunya di dalamkasih Allah.
Bagaimanarelasikitadengankeluargakita? Mencintaikeluargadanmelayanikeluargaadalahsesuatu yang natural. Siapa pun bias melakukannya. Akan tetapi, kitaperlumenambahkannya: kitamengasihidanmelayanikeluargakitadengankasihkristus. Iniakanmenolongkitauntukmenerimaapaadanya. Mengampuni. Mengulurkantanganpadaanggotakeluarga yang tidaksempurnadan yang tidaktaat.Bagaimanadenganpelayanankita? Apakahlahirdarikasihkepada Allah?
2.      Perubahaninimenyentuhaspek yang paling dalamdarihidupkita.Zakheusmenjadikanuangsebagaitujuanhidupnya. Pertobatanzakheusmemperlihatkanbahwaaspek yang paling pentingdalamhidupnyatelahdiubahkanolehTuhan, yakniuang. Hal iniberbedadenganseorangmuda yang kaya yang mendatangiTuhanYesus. IamenolakuntukmenjualhartanyadanmengikutYesus. Hartatersebuttelahmenjadiberhalanya, walaupuniamemiliki moral danetika yang baik.
ApakahsaudaramengizinkankasihKristusmenyentuhhatikita yang paling dalam? Dan membiarkankasih-nyauntukmewarnaikehidupankita…? Amen



Tidak ada komentar: