Senin, 12 Desember 2016

Khotbah Awal Tahun Ibu2 Kel. Tobing Jakarta Selatan. " Istri yang bagaimanakah anda" ?



Ilustrasi: Istri yg bijak sana akan selalu menerapkan  5.M

Saudari-saudari perempuan yang dikasihi Tuhan Yesus Kristus! Wanita Kristen mempunyai peranan yang sangat penting ditengah-tengah keluarga, masyarakat dan gereja. Benar wanita itu harus menduduki tempat yang sederajat dengan pria/suami. Hawa dijadikan dari tulang rusuk adam, dia bukanlah kepala atau kaki atau telunjuk adam. Karena itu perempuan/istri adalah teman, sahabat dan jodoh dari pria/suami. Sebab itu istri harus berdiri berdampingan atau sederajat dengan suami, mempunyai tanggung jawab yang sama dan sangat penting ditengah-tengah keluarga. Namun yang menjadi masalah perempuan/istri tidak pernah menyadari kedudukannya ini baik ditengah-tengah keluarga masyarakat maupun gereja sehingga sering terjadi kekerasan oleh karena tidak ada saling pengertian. Gereja-gereja di seluruh dunia telah menyepakati tahun 2001-2010 sebagai dasa warsa mengatasi kekerasan, dasa warsa ini merupakan respons gereja-gereja terhadap meningkatnya kekerasan secara global, bukan saja ragam bentuknya atau cara-cara yang digunakan tetapi juga skalanya. Dilihat dari segi skala, kekerasan kini dilakukan secara terorganisir dan mengglobal dengan menggunakan jaringan teknologi yang sangat canggih. Dengan menyepakati dasa warsa ini berarti gereja-gereja di seleruh dunia bertekad untuk ambil bagian dalam mengerahkan daya, dana dan waktu untuk mengatasi kekerasan dalam semua bidang kehidupan termasuk kekerasan terhadap perempuan. Untuk itu kita perlu menyadari apa fungsi kita sebagai perempuan/ibu dan tergolong istri yang bagaimanakah kita ? dimata suami, anak, mertua dan saudara-saudari lainnya agar kekerasan ini dapat semakin ditekan. Sdi.. Melalui kebaktian persekutuan perempuan kristen Asia ini kita akan mencba memaparkan peranan, sikap perempuan yang dilihat dari kacamata kristen. Sehingga kita tahu tergolong istri yang bagaimanakah kita ?
  1. Sarah (Istri Abraham) : Kejadian 12 ;
Istri yang bagaimanakah sarah ini ? pada waktu Allah memerintahkan kepada Abraham untuk meninggalkan tanah kelahirannya, saudaranya, rumahnya, hartanya dan segalanya disinilah nampak Sarah adalah istri yang sangat setia sebab dia yakin bahwa Tuhan akan memberikan janji-Nya kepadanya.Dia tdk menolak utk ikut Abraham.
  1. Delilah (istri Simson yang jelita) Hakim-hakim 14 ;
Kecantikan delilah membuat simson jadi gelap mata ia silau karena paras yang jelita padahal delilah adalah istri yang matrealistis. Simson tidak menyadari bahwa sesungguhnya delilah lebih mencintai harta daripada dirinya sendiri. Delilah istri yang menghianati suami, istri yang memperalat air matanya untuk mengadu harta dan mencelakakan suami.
  1. Maria (Ibunda Yesus) Lukas 2 : 19;
Wanita yang rendah hati yang pasrah yang menyimpan segala perkara di dalam hatinya, yang tidak suka membeberkan mengenai keluarganya kepada orang lain.
  1. Martha & saudara Maria (Wanita yang rajin dan cekatan) Lukas 10
Pada situasi sekarang ini sering kita dengar apa yang dikatakan wanita karir dan juga eman sipasi perempuan. Karena tuntutan eman sipasi tadi maka banyak kaum ibu menghabiskan waktunya di luar rumah, sibuk dengan segala macam urusan, arisan, salon kegiatan sosial dan lain-lain, karena kesibukan ini dan ikut menggalakan emansipasi maka segala urusan rumahtangga diserahkan kepada pembantu.Anak2 akhirnya lebih dekat dgn pembantu, bahkan merindukan pembantu dari ibunya.Ill. ONAN
  1. Monica (Ibunda Agustinus Bapa Gereja yg terkenal itu) ;
Monica mempunyai penderitaan batin yang amat sangat. Suaminya seorang kafir anaknya Agustinus selalu menyusahkannya sedangkan monica sendiri pengikut kristus yang setia. Didalam keputusannya menghadapi anak dan suaminya yang selalu menyusahkannya ia hanya pasrah kepada Tuhan dan berdoa. Dengan kekuatan itu dan iman yang ada padanya yang tidak jemu-jemu berdoa kepada Tuhan agar suami dan anaknya berobah sikap, doanya dikabulkan Tuhan yang akhirnya agustinus menjadi Bapak Gereja yang terkenal.
  1. Chatarina Vonbora (Istri dari Martin Luther Bapak Reformator) ;
Vonbora yang terus menerus berjuang untuk mendukung suaminya agar menegakkan kebenaran sehingga perjuangan Marthin Luther berhasil.
Dari keenam contoh ini di pihak manakah saudari ? jawablah didalam hatimu masing-masing.

DR. Emili Hartshorn Mudd dalam artikelnya Woman Finest Role dalam buku Succesfull Mariage (Perkawinan yang sukses)  untuk memenuhi syarat sebagai seorang istri yang sukses maka perlu :
  1. Harus memiliki kualitas sebagai diplomat wanita :
Sebab ada saja permasalahan yang sulit atau timbul ditengah-tengah keluarga dan gereja yang satu melapor begini dan sepihak melapor begitu, sehingga si istri harus pandai mendamaikan, bertindak serba bijaksana dan sikap itulah yang disebut diplomat.
  1. Keterampilan sebagai seorang pengusaha :
Mengatur hidangan keluarga, perbelanjaan anak dan memenuhi segala pembayaran rumah tangga seperti, Listri, air, sampah memerlukan keahlian mengatur keuangan. Seorang pungusaha harus berhemat karena hemat itu pangkal kaya dan boros itu ujung dari kemiskinan.
  1. Kemampuan sebagai juru masak yang baik :
Mungkin sebagai juru masak yang bisa menghidangkan makan siang yang penting dapat menitikan selera di tengah-tengah keluarga. Biarlah wajah tidak secantik; Listailor tidak seayu; ayu azhari, suaranya tidak semerdu; Krisdayanti tetapi masakannya sedap dilahap niscaya kalah kecantikan dan keayuan tadi seorang suami.
  1. Seorang perawat yang terlatih :
Kecermatan sebagai perawat perlu dimiliki seorang istri yang mengharapkan sukses dan berlanjut dalam perkawinan, sebab pada waktu suami jatuh sakit dan anak-anaknya perlu kesabaran sebagai perawat.
  1. Kesanggupan sebagai guru :
Yang mampu mendidik, membimbing mengajar dan memberi semangat kepada suami dan anak.
  1. Kecantikan sebagai Ratu ayu :
Suami mana yang tidak mencari istri yang cantik, menarik dan ramping yang dapat menyambut suami dengan senyum rapi dan bergairah.

Keenam syarat ini jika dapat dilaksanakan akan menghasilkan keluarga yang bahagia semoga Tuhan memberkati kita. Amin
 Pdt. R.H.L. Tobing.S.Th. MA

Tidak ada komentar: