Selasa, 27 Maret 2012

SURVEY PELAYANAN GKPI Wilayah Jabodetabek Tahun 2012

1. PENDAHULUAN

Perubahan yang terjadi di seluruh belahan dunia sebagai akibat dari perkembangan dan kemajuan zaman, telah mempengaruhi segenap aspek kehidupan manusia. Kemajuan yang luar biasa dalam bidang Teknologi & Informasi membuat dunia ini berubah dan bergerak sangat cepat, tanpa batas yang telah mempengaruhi banya aspek kehidupan manusia dan lingkungannya. Gereja sebagai lembaga atau umat yang diutus oleh Tuhan ke dunia ini, bertugas untuk menjadi garam dan terang, oleh karenya perlu terus menerus di-isi / diperlengkapi akan kebutuhan spiritual yang akan mempengaruhi nilai-nilai dan perilaku warga jemaat.

Gereja Kristen Protestan Indonesia yang berada di wilayah Jabodetabek (selanjutnya disebut GKPI) harus jeli dan kreatif mencermati segala perubahan yang terjadi di masyarakat agar mampu menghadirkan program pelayanan yang hidup dan relevan dengan tuntutan / kebutuhan zaman, masyarakat khususnya warga gereja.

Untuk mengetahui persepsi (hal-hal yang diharapkan oleh warga jemaat) yang terkait dengan pelayanan gereja, Pengurus Wilayah GKPI Wilayah Jabodetabek bekerjasama dengan fasilitator Pembinaan Pelayan GKPI Wilayah Jabodetabek, melakukan Survey Pelayanan Jemaat. Adapun aspek-aspek yang menjadi obyek survey antara lain : yang terkait dengan Peribadatan, Penatalayanan, dan Perlengkapan/sarana Ibadah.

Sehubungan maksud tersebut, telah disiapkan sejumlah pertanyaan, untuk di isi oleh warga jemaat. Hasil survey ini selanjutnya akan diolah/ditelaah untuk mengetahui potret persepsi/ pemahaman dan harapan/ekspektasi dari warga jemaat terhadap pelayanan Gereja (GKPI) masa kini dan ke depan.

2. Manfaat/Tujuan Survey Pelayanan
Adapun tujuan survey ini untuk :
1. Mengetahui potret dan persepsi warga jemaat atas pelayanan yang telah berjalan selama ini.
2. Mengetahui hal-hal yang diharapkan/dibutuhkan oleh warga jemaat dalam peribadatan dan pelayanan ke depan (jangka pendek, menengah dan jangka panjang).
3. Masukan bagi pelayan dan semua pihak untuk mengevaluasi atas kondisi pelayanan saat ini
4. Mempersiapkan pelayanan dan sarana pendukung yang lebih baik serta hal-hal yang terkait dengan pelayanan di jemaat secara berkelanjutan.


Mohon kesediaan warga jemaat untuk memberikan tanggapan atas pelayanan yang telah diberikan, dengan mengisi kuisioner di bawah ini. Tanggapan yang diberikan hendaknya apa adanya. Apabila telah diisi, mohon lembaran yang telah diisi diserahkan kepada Badan Pekerja Harian Jemaan (BPHJ) Setempat untuk diteruskan kepada faslitator Suvery.

Informasi/Masukan dari warga jemaat sangat membantu
untuk menyiapkan pelayanan kepada warga jemaat.

Terima kasih


Pertanyaan/kuesioner:

Aspek Tanggapan Catatan/Masukan
I. Peribadatan Ya Tidak
1. Materi khotbah telah sesuai dengan kebutuhan warga jemaat dan relevan dengan tantangan/permasalahan hidup sehari-hari.
2. Pelayan Firman telah menyampaikan materi khotbah dengan baik dan dapat dimengerti oleh warga jemaat.
3. Tata ibadah, lagu-lagu dan materi ibadah telah dimengerti sehingga dapat diikuti dan dihayati.
4. Warga jemaat selalu membawa Alkitab dalam Ibadah.
5. Pelayanan sekolah minggu/ remaja/Pemuda telah sesuai dengan harapan
6. Anak-anak sekolah minggu telah memahami khotbah/cerita Firman Tuhan
7. Orang tua anak sekolah minggu selalu bercerita Firman Tuhan kepada anak-anak di rumah.
8. Khotbah ibadah minggu telah relevan dengan kebutuhan kaum remaja/ pemuda
9. Warga jemaat selalu melakukan ibadah pribadi/keluarga di rumah
10. Dalam beribadah pribadi / keluarga, warga jemaat menggunakan panduan (Saat Teduh/Air Hidup/Renungan)
II.
1. Warga jemaat telah disambut oleh pelayan sehingga merasa sukacita dan siap beribadah
2. Lembaran tata ibadah selalu siap, isinya jelas dan dapat dimengerti.
3. Warta jemaat telah memuat informasi pelayanan di Jemaat secara informatif.
4. Rangkaian ibadah, hal-hal pendukung pelayanan selalu siap dan rapi.
5. Waktu peribadatan telah tepat waktu dan tidak terlalu lama.
6. Warga jemaat telah memberi salam kepada sesama warga jemaat dan pelayan yang bertugas
7. Penatua / pengurus seksi (Pelayan non Pendeta) telah melakukan kunjungan secara reguler kepada warga jemaat terutama saat sedang mengalami pergumulan
8. Pendeta telah melakukan kunjungan secara reguler kepada warga jemaat
9. Gedung gereja dan sarana perlengkapannya telah mendukung jalannya peribadahan yang khusuk
III. Perlengkapan & Sarana
1. Sound system (termasuk peralatan multi media) telah memberikan suara yang memadai dan membantu warga menghayati ibadah.
2. Parkir kendaraan telah tertata dan memadai untuk kebutuhan warga
3. Lingkungan gereja telah bersih dan tertata rapi.
4. Sarana umum gereja telah memadai (Toilet, Bangku, dll)
5. Tampilan altar dan sarana ibadah/pelayanan di altar telah tertata rapi & harmonis.

3. Masukan/Harapan pelayanan dari warga jemaat:

Tidak ada komentar: