Selasa, 27 Maret 2012

Khotbah POUK KP Luk 1: 13-17; Yoh 1:4-8

Yohanes Pembaptis memiliki kesaksian bagaikan pelita dengan 7 lampu yang bercahaya:
1. Lukas 1:13, mendapatkan nama dari Tuhan
2. Lukas 1:14, membawa kesukaan dari Surga
3. Lukas 1:15a, besar di hadapan Tuhan
4. Lukas 1:15b, menjadi nazir Allah
5. Lukas 1:15c, hidup dalam urapan Roh Kudus
6. Lukas 1:16, membuat orang bertobat
7. Lukas 1:17, menjadi pelopor/pendahulu.
Besar di hadapan Tuhan.
Matius 11:11
11:11 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya di antara mereka yang dilahirkan oleh perempuan tidak pernah tapil seorang yang lebih besar dari pada Yohanes Pembaptis, namun yang terkecil dalam Kerajaan Sorga lebih besar dari padanya.

Tugas Yohanes Pembaptis adalah membaptis dengan air. Yohanes Pembaptis adalah orang yang terbesar yang pernah dilahirkan oleh wanita. Jadi, baptisan air adalah perkara yang besar. Baptisan bukan cuma suatu syarat dari gereja, tetapi merupakan perkara hidup dan mati kita secara rohani.
Yang terkecil dalam Kerajaan Surga adalah Yesus. Tetapi Yesus lebih besar daripada Yohanes Pembaptis.

Yohanes Pembaptis menolak untuk membaptis Yesus dengan air sebab Yohanes mengetahui bahwa Yesus lebih besar dari dia. Tetapi Yesus mau dibaptis oleh Yohanes karena melakukan kehendak Allah.
Ini berarti di dalam baptisan air, Yesus menjadi kecil. Yesus menyerahkan harga diri/ gengsi di dalam baptisan air.

Puncak keadaan Yesus yang paling kecil adalah ketika Ia di kayu salib.
Filipi 2:8
2:8 Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib.

Yesus taat sampai mati di kayu salib = Yesus menyerahkan kehendak diri, sampai mengorbankan diriNya sepenuh, untuk taat, terkutuk sampai mati di kayu salib.

1. Hidup dalam kebenaran = selamat, tidak dihukum, tidak binasa.
I Petrus 2:1-2
2:1 Karena itu buanglah segala kejahatan, segala tipu muslihat dan segala macam kemunafikan, kedengkian dan fitnah.
2:2 Dan jadilah sama seperti bayi yang baru lahir, yang selalu ingin akan air susu yang murni dan yang rohani, olehnya kamu bertumbuh dan beroleh keselamatan,
Hidup dalam kebenaran:
o tidak ada kejahatan
o tidak ada tipu muslihat
o tidak ada kemunafikan
o tidak ada kedengkian
o tidak ada fitnah.
2. Ingin air susu yang murni dan rohani.
Artinya hanya selalu ingin menikmati firman penggembalaan yang benar dalam urapan Roh Kudus = tergembala dengan baik.
Hasilnya: Kenyang = terpelihara secara jasmani maupun rohani (asalkan bisa menikmati firman penggembalaan, taat dengar-dengaran, tangan Ibu yang akan memelihara)
Tenang = hidup dalam kedamaian, tidak ada kekuatiran, ada penyerahan pada Tuhan ; Mantap dalam keselamatan sampai kesempurnaan, tidak akan jatuh dan tersesat. Bersaksi tentang Yesus, membagikan berkat bagi orang lain.
Yesus berkata bahwa Dia datang untuk memberikan hidup, dan bukan hanya hidup, tapi hidup yang berkelimpahan. Tapi hidup apakah yang Yesus tawarkan ini?
Yohanes 1:4, pasal 4-8, 10, 11, 14, 17 hampir semuanya berbicara tentang hidup.
Istilah kehidupan yang dikatakan Yesus pada orang Israel ini berhubungan dengan kitab Kejadian dimana Tuhan yang memberikan nafas pada manusia supaya dia bisa hidup. Yesus berkata "Akulah sumber kehidupan itu!". Manusia diciptakan Tuhan dengan sebuah kekosongan dan hanya Tuhan lah yang bisa mengisi kekosongan itu!

APA MAKSUDNYA HIDUP BERKELIMPAHAN YANG DIKATAKAN YESUS INI?
1) HIDUP YANG MEMPUNYAI HUBUNGAN DENGAN TUHAN (FELLOWSHIP WITH GOD)
Apa artinya hidup yang tanpa Tuhan?
Ada yang berkata hidup untuk makan, atau hidup untuk sukses, dan sebagainya - tapi pada akhirnya, kita akan mati dan meninggalkan itu semua.
Yohanes 17:3 - inilah hidup itu, bahwa kita mengenal Tuhan Yesus Kristus, yang diutus oleh Allah Bapa. Hidup adalah relasi dengan Tuhan, hidup yang bermutu karena kita punya Tuhan yang memberikan makna hidup yang baru. Kta melihat hidup seperti Tuhan melihat.
Semua manusia berdosa dan dosa harus dihukum untuk menunjukkan Allah yang Maha Adil dan Maha Suci. Namun dalam Yesus Kristus, ada pengampunan dan kehidupan yang baru.

2) HIDUP YANG ADA KEMENANGAN (VICTORY)
Yohanes 11:25 - Hidup bersama Yesus ada hidup yang kemenangan atas dosa. Ketika Adam Hawa diciptakan tidak ada kematian namun begitu ada dosa, baru ada kematian physical dan hidup yang terpisah dari Tuhan. Namun di sini Yesus menawarkan hidup yang berkemenangan, hidup kembali setelah kematian, hidup selama-lamanya bersama-sama dengan Tuhan!
3) HIDUP YANG PUNYA TRANSFORMASI DARI DALAM
Hakekat setiap manusia mudah untuk berubah - dari luar kelihatan berubah tapi dalamnya tetap sama. HIdup berkelimpahan dalam Yesus adalah hidup yang punya transformasi dari dalam, bukan dari luar! Dari luar kita bisa munafik dan pura-pura. Manusia punya hati yang penuh kelicikan dan kemunafikan, karena dosa! Yesus datang untuk memberikan kita hidup yang baru, hidup yang bukan penuh kemunafikan, tapi punya hidup yang terus diubah oleh Dia!

Manusia umumnya hanya mau berkat daripada Tuhan, dan bukan pada Pribadi yang memberikan berkat itu. Ingat saat Yesus memberi makan 5000 orang? Mereka datang untuk mengikut Dia saat mukjijat terjadi, saat ada blessing. Namun mereka mulai meninggalkan Dia saat Yesus menantang Dia untuk mengikuti Dia, dan menerima roti hidup yang turun dari surga, yang berkuasa atas dosa dan kematian. Bukankah KIta pun demikian adanya? Saat kita banyak berkat, diberikan kesembuhan, kita sungguh2 bersyukur dan ikut Dia. Kiranya kita ingat lagi pada Minggu Adven IV ini bahwa Yesus datang untuk memberikan hidup yang baru pada kita dan kita secara total kembali lagi dengan dia dengan segenap hati kita!
Amin. Pdt. RHL. Tobing, S.Th. MA

Tidak ada komentar: