Rabu, 26 Oktober 2016

Jamita Haheheon Minggu 16 April 2017 1 Korintus 15: 1-4 “Hehe Kristus, Monang Hita”



Patujolo :
Sadari on marpungu do hita mamestahon haheheon ni Tuhanta Jesus, na gabe laos songon tudu-tudu tu haheheonta tu hangoluan na manongtong i.
Haheheon di jaman modern nuaeng on, mansai jotjot gabe perdebatan, suang songon I do nang di tingki ni Ap. Paulus, mansai maol do halak Kristen di tingki I manghaporseai na adong do haheheon muse di angka na porsea di Yesus i. Ai aut sugari dang adong haheheon I, marisuang ma haporseaonta I, jala dang adong gareja di tonga-tonga ni portibi on. Ala ni ima umbahen di surat na parjolo ni ap. Paulus tu halak Korint dipatorang Ap. I do taringot tu haheheon ni Jesus songon sada poda haporseaon na mansai ringkot situtu.  Molo so tutu naung dipahehe Debata Kristus I naung gabe rumar do isi ni Barita na uli i, naung gabe pargabus do Debata. Alai tutu do dipahehe Debata Anakna i, ala ni i sintong do hataNa.
Ala na dipahehe Debata do Kristus i, gabe dihaporseai angka niseanNa do Ibana ro di angka siihuthon Ibana tahe marhatopothon naung tutu do dipahehe Debata Ibana, jala i do sada poda haporseaon ni halak Kristen na mansai porlu situtu.
Alai aha do pangkorhon ni haheheonNa i? Aha do hahonaanna di ngolu ni halak Kristen nuaeng? Taida ma jolo hatorangan ni ap. Paulus na di turpuk on.
Hatorangan ni turpuk :
          Na parjolo, ia haheheon I na marlapatan do i paboa naung mangolu muse Jesus i. Hamamate ni Jesus dang hamamate ala ni sahit manang ala ni hasalaanNa gabe di uhum mate, alai Ibana mate hombar tu na tarsurat I, jala di tingki ngolu ni Jesus pe nunga di pabotohon hian tu angka siseanna na ingkon tumaon na porsuk Ibana jala pola ingkon mate (Mat 16:21; 12: 40) Na mate do Jesus di Jumat Agung, mate di hau pinorsilang alai di ari Minggu dohot di angka ari na mangihut tusi na didapothon Ibana do angka siaseanNa i, songon jolma naung mulak mangolu Ibana. Angka bukti taringot tuson ma na sinurathon ni Ap. Paulus diturpuk on, na gabe hajongjongan ni halak Kristen I di ganup huria.Lapatanna, I do na gabe haluaon ni angka na porsea i.
Naung mate do Kristus ala ni dosanta, songon na tarsurat di buku na badia i, jala na tartanom do Ibana huhut dipangolu di ari patoluhon songon na tarsurat i.
Molo didok ap. Paulus naung dipahehe Jesus di ari patoluhon dung mate di hau pinorsilang i, ndang na marlapatan i na gabe mangolu muse Jesus songon na somal. Alai na mangolu do Jesus dibagasan ngolu na imbaru. Daging ni Jesus na muba do songon ginombarhon ni ap. i gabe daging partondion nang daging parbanuaginjang. Nunga masuk be Jesus i tu panggulmiton na asing na so boi digombarhon dohot pandohan ni jolma.
          Paduahon, Haheheon ni Jesus, ima na songon pardomuan ni asi ni roha ni Debata dohot angka na porsea i. Haheheon ni Jesus mamboan holong ni roha do di angka siseanNa I, suang songon I hasesaan ni dosanasida.
          Patoluhon: Haheheon ni Yesus, I ma na songon sada jou-jou laho manghobasi Ibana. Ai halak na porsea, ndada sae holan na manjalo asi ni roha ni Debata sambaing, alai ingkon pasahatonna do dirina tu Tuhan Jesus I jala ingkon mangolu do ibana mangihuthon aturan na imbaru, ima na dibagasan Kristus. Mangihuthon Ap. Paulus, jou-jou laho manghobasi Jesus na marlapatan do I, ingkon gabe parbarita na uli na sa na porsea di Ibana.
          Paopathon: Haheheon ni Kristus I, I do na gabe tiruan ni haheheon ni sude jolma na porsea di Ibana, Yesus do na gabe patujolo ni haheheon ni sude jolma, hehe Ibana gabe hamonangan di hita. Asa haheheon ido na gabe sihirimon ni halak Kristen, ai nasa na porsea di Ibana partohap do I di haheheonNa/di hangoluanNa (Joh 11:25).
Pangarimpunan/si pahusor-husoron;
  1. Haheheon ni Jesus sian na mate, naeng ma tarida di ngolu ni ganup na porsea di Ibana. Ai haheheon I do mamboan hita tu ngolu na imbaru. Ai molo naung dibagasan Kristus halak, naung pinaimbaru ma I, nunga be salpu ngolu na buruk I, nunga be soluk ngolu na imbaru.
  2. Ia haheheon ni Tuhan Jesus, I do na songon jaminan nang di haheheon ni saluhut jolma angka na porsea di Jesus i. Na tutu do adong haheheon ni angka na mate, jala na gabe patujolo ni haheheon ni angka na porsea ido haheheon ni Jesus i.
  3. Haheheon ni Jesus sian na mate I do na gabe ojahan ni Barita na Uli, molo parjambar hita di hamamate ni Kristus I, laos parjambar do hita nang di haheheonNa, ai molo tahaposi naung mate Kristus I jala hehe muse boanon ni Jesus do nang hita rap dohot Ibana. Ido Alana umbahen dang pola ma biar be hita mida hamatean I, ai ingkon hehe do muse angka na mate di bagasan Ibana.
  4. Kristus nungga hehe sian na mate, tanda ni hamonanganna do I, sorop ni hamatean i/dosa I nunga di taluhon Ibana, asa monang do Ibana, monang nang hita. Amen
Pdt. Rosevelt. H.L. Tobing, S.Th.MA

Khotbah Pelantikan Pengurus Punguan Sitorus Bekasi dan Sekitarnya Minggu 16 Okt 2016



Mazmur 133:1-3
Judul: Berkat atas kasih persaudaraan
Mazmur 133 ialah pernyataan iman mengenai kasih persaudaraan umat Tuhan. Bila kasih itu ada, maka berkat Tuhan pun melimpah.
Kristus merumuskan ulang hukum Allah di Perjanjian Lama menjadi: "Kasihilah Tuhan Allahmu..., dan kasihilah sesamamu manusia..." Kasih kepada Allah menjadi dasar kasih kepada sesama. Kasih kepada sesama menjadi bukti dan wujud kasih kepada Allah. Kasih kepada sesama hanya mungkin ada pada orang-orang yang sudah lebih dahulu mengalami kasih Allah.
Mazmur 133 melukiskan keindahan kasih kepada sesama saudara. Kasih Allah yang sudah dialaminya menjadi kekuatan bagi komunitas anak-anak Allah untuk dapat saling mengasihi. Mereka pun akan belajar mengasihi sesama yang belum menjadi komunitas umat Allah.
Mazmur 133 juga melukiskan bagaimana komunitas persaudaraan kasih tersebut menyenangkan Allah sehingga Dia mencurahkan berkat-Nya yang limpah. Seperti minyak urapan yang melimpah dan turun atas diri Harun, demikian berkat yang melimpah itu akan dialami anak-anak Tuhan seperti imam yang karena pengurapan atasnya, dapat melayani Tuhan di rumah-Nya. Berkat Tuhan ini pasti akan dialami dan dinikmati umat-Nya, yang mewujud dalam tindakan saling mengasihi dan saling memberkati!
Sedangkan embun yang turun dari Hermon sampai ke Sion, menggambarkan keajaiban berkat Tuhan mengingat kedua bukit itu terpisah jauh secara geografis. Maka kelimpahan berkat ini secara ajaib akan menyeberang dari komunitas umat Tuhan kepada sesama yang di luar komunitas itu.
Bila kita termasuk dalam komunitas persaudaraan karena kasih, pastilah kasih Allah akan mengalir juga melalui kita kepada sesama manusia di luar sana! Wujud kasih itu ialah kita berani berbagi berkat Allah kepada mereka, sama seperti kita berbagi berkat kepada sesama saudara!
Kalau disuruh memilih, hidup rukun dan tidak rukun (harmonis dan tidak harmonis), saya pikir jarang ada orang, bahkan mungkin tidak ada yang memilih untuk hidup tidak rukun atau tidak harmonis. Namun kenyataannya yang justru sering terjadi ialah hidup yang tidak/kurang rukun. Tidak rukun dengan mertua, dengan sesama saudara, dengan pasangan, dengan anak-anak, dengan tetangga, antar etnis, kelompok dan golongan, antar bangsa, dsb. Mengapa bisa demikian? Banyak faktor yang menyebabkannya. Diantara banyak penyebab tersebut penyebab utama karena kita kurang atau tidak mampu menghargai orang lain sebagaimana ia ada. Kita mau orang lain seperti yang kita mau/harapkan. Ketika itu tidak  terjadi, apa lagi ketika kita sudah berusaha mengubahnya dengan memberi menasehati, membimbing atau mengarahkannya, dsb, namun juga tidak berubah, kekecewaan kita akan semakin dalam yang akhirnya mempengaruhi hubungan kita menjadi tidak harmonis. Tidak demikian dengan seorang Samaria dalam cerita Yesus. Ketika ia melihat orang yang membutuhkan pertolongan segera ia bertindak menolong. “Belas kasihan” yang mengalir dalam hatinya mendorongnya ngenghargai orang yang “tersamun” tersebut sebagai sesama manusia. Tidak hanya merasa kasihan, tetapi melakukan tindakan konkrit dengan memberikan pertolongan. Jadi hati yang masih dialiri rasa belas kasihanlah yang memungkinkan kita mengharagai orang lain, mengasihi dan bertindak menjadi sesama bagi orang lain tanpa terkecuali.
Bagaimana supaya dalam hati kita senantiasa tergerak oleh belas kasihan, sehingga kita boleh hidup saling menghargai sebagai sesama ciptaan Tuhan? Jawabannya adalah jikalau kita tinggal dan hidup dalam Tuhan Yesus[2] dan mau dipimpin oleh Roh Kudus[3].
Kasih dalam 1Korintus 13:4-7
Berikut ini, kita akan mencoba mempelajari secara lebih mendalam masing-masing dari kasih itu Menurut R. Paulus dlm 1 Kor 13 itu:
 Kasih itu sabar” (1 Korintus 13:4)
Kata “sabar” dalam bahasa Yunani adalah kata kerja “makrothumeo” yang tersusun dari kata “makros” yang berarti “panjang” dan “thumos” yang berarti “kemarahan”. Dengan kata lain, “makrothumeo” berarti “perlu waktu yang panjang sebelum marah1" dan merupakan lawan dari “cepat marah”. "Makrothumeo" lebih bermakna sabar terhadap orang daripada sabar terhadap keadaan. Karena untuk sabar terhadap keadaan terdapat kata Yunani yang lain, yang akan digunakan nanti dalam bagian yang sama dalam 1 Korintus. Jadi, kasih berarti tidak cepat marah kepada orang lain, tidak mudah marah. Sebaliknya, kasih itu menanggung dengan sabar.
Kasih itu murah hati” (1 Korintus 13:4)
Ciri lain dari kasih adalah murah hati. Kata kerja bahasa Yunani untuk “murah hati” adalah “chresteuomai” yang hanya dipergunakan di sini dalam Perjanjian Baru. Namun, kata itu digunakan beberapa kali, dalam dua bentuk yang berbeda. Yang satu dalam bentuk kata sifat “chrestos” dan yang lain dalam bentuk kata benda “chrestotes”. “Chrestos” berarti “baik, lemah lembut, baik hati, ramah, menunjukkan kedermawanan yang aktif meskipun tanpa dibalas ucapan terimakasih”. Jadi, “chresteuomai” berarti menunjukkan chrestos diri yaitu kelembutan hati, kebaikan, kemurahan hati sekalipun tanpa dibalas sikap atau ucapan terima kasih
Kata nyanyian ziarah dari Daud ini menggambarkan situasi saat itu, di mana kebiasaan orang Israel yang berkumpul beramai-ramai membangun tenda untuk merayakan hari-hari perayaan tertentu. Nyanyian ziarah bukan berarti nyanyian ke kuburan tapi nyanyian arak-arakan karena bangsa Israel waktu itu merayakan hari-hari tertentu[4]. Sungguh, alangkah baiknya dan indahnya itulah kata-kata pembukaan dimana Daud mau menggambarkan suasana umat berbagai penjuru Israel berkumpul di Yerusalem di dalam kerukunan, keakuran, keharmonisan, dan keguyuban.
Pemazmur menggambarkan berkat-berkat kerukunan itu dalam dua gambaran. Yang pertama, “seperti minyak yang baik di atas kepala meleleh ke janggut, yang meleleh ke janggut Harun dan ke leher jubahnya”. Minyak mempunyai makna kesukaan[5], keharuman[6], ketentraman[7], juga penyucian[8]. Sehubungan dengan minyak pengurapan imam, kelimpahan minyak urapan menggambarkan bahwa Tuhan memberkati umatnya dengan berkelimpahan melalui persekutuan mereka. Kedua, akibat atau dampak kesatuan/kerukunan itu digambarkan juga “seperti embun gunung Hermon yang turun ke atas gunung-gunung Sion”.  Walaupun secara geografis, kedua lokasi Gunung Hermon dan Sion tersebut jauh sekali, tapi adalah sebuah mujizat jika embun dapat mengalir begitu jauhnya. Begitulah kasih dan kuasa Tuhan mengalir ke semua manusia, apalagi ke setiap anak-Nya yang hidup dalam persekutuan yang rukun. Sesungguhnya hidup dalam persekutuan yang rukun/harmonis sudah merupakan mujizat anugrah ilahi dimana berkat pribadi saling dibagikan untuk keberuntungan bersama. Persekutuan demikianlah yang menyenangkan hati Tuhan sehingga Ia mencurahkan berkat-berkatnya atas mereka.


MEMBANGUN HIDUP YANG BERHASIL “1 Korintus 3:11-12″



 “Karena tidak ada seorang pun yang dapat meletakkan dasar lain dari pada dasar yang telah diletakkan, yaitu Yesus Kristus. Entahkah orang membangun di atas dasar ini dengan emas, perak, batu permata, kayu, rumput kering atau jerami” I Korintus 3:11-12
Dalam Alkitab kita tercantum ada 202 ayat yang mengandung kata keberhasilan. Ini membuktikkan bahwa Allah serius ingin memberikan kita hidup yang berhasil. Jika Allah membuat kita berhasil, Ia ingin kita bukan hanya berhasil untuk diri kita sendiri, tetapi kita juga berhasil untuk membawa orang mengenal Tuhan. Dunia memiliki ukuran sendiri untuk menilai orang seperti apa yang nantinya akan berhasil. Menurut dunia orang yang miskin dan bodoh mungkin akan jauh dari keberhasilan. Tetapi tercatat ada orang-orang sukses di dunia yang dulunya dianggap bodoh. Beberapa diantaranya adalah: Thomas A. Edison, Beethoven, Abraham Lincoln, Bill Gates, dan Mark Zuckerberg. (I Korintus 1:27) 5 Langkah untuk mencapai keberhasilan :
1. MELETAKKAN DASAR YANG TEPAT (I Korintus 3:11-12)
 “Diberkatilah orang yang mengandalkan TUHAN, yang menaruh harapannya pada TUHAN! Ia akan seperti pohon yang ditanam di tepi air, yang merambatkan akar-akarnya ke tepi batang air, dan yang tidak mengalami datangnya panas terik, yang daunnya tetap hijau, yang tidak kuatir dalam tahun kering, dan yang tidak berhenti menghasilkan buah”à Orang yang bijak adalah orang yang tau meletakkan pondasi yang benar dalam kehidupannya. Jangan menggunakan kekuatan dan hikmat manusia sebagai dasar. Orang yang membangun iman diatas dasar Kristus adalah orang yang mengandalkan Allah. Maka bagi orang tersebut Allah menyediakan janji ini Yeremia 17:7-8 àDasar yang tepat adalah Yesus Kristus. Matius 7:24
Dasar kita harus tepat baru kita dapat berbuah bahkan di tahun-tahun kering. Jadilah pribadi yang bukan hanya tahu mengenai Firman Allah, tetapi juga melakukannya.
2. CARILAH PENASEHAT YANG BENAR (Mazmur 1:1-3)
Dalam Alkitab tersedia begitu banyak nasehat yang Allah berikan untuk keuntungan kita. Jangan sampai kita salah melangkah dan rugi besar hanya karena kita salah memilih penasehat. Dalam I Raja-raja 12 tercatat kisah mengenai Raja Yerobeam yang pada waktu itu memimpin kerajaan Israel, tetapi karena salah mendengarkan nasehat maka terjadi pemberontakan rakyat dan kerajaan Israel terbagi mejadi dua. Carilah dan dengarkanlah nasehat yang tepat. Apabila kita meminta nasehat dari orang yang mengenal Tuhan bukan hanya sekedar nasehat yang kita dapatkan tetapi minimal mereka akan berdoa untuk kita.
3. JANGAN MENCONTOH ORANG BERDOSA (Mazmur 1:1)
 tidak ada masa depan dan harapan bagi mereka.
àDalam Terjemahan sehari-hari ayat ini berbunyi: “Berbahagialah orang yang tidak mengikuti nasihat orang jahat, tidak mencontoh orang berdosa dan tidak bergaul dengan orang yang menghina Allah” bagaimana kehidupan orang berdosa yang tidak pantas kita contoh? Yaitu ketika mereka menjadi orang-orang yang tidak peduli dengan sesama, egois dan mementingan keuntungan diri sendiri, menipu dalam perdagangan dan bahkan menggunakan kuasa iblis untuk mendapatkan keuntungan. Jangan mencontoh mereka dan bahkan kita tidak perlu iri akan apa yang mereka peroleh Amsal 24:19-22 dan Mazmur 1:4-6
4. MENJAGA PERGAULAN (Mazmur1:1c BIS)
Pergaulan memiliki dua dampak dalam kehidupan kita:
- Pergaulan ita akan berdampak pada kehidupan jasmani kita. Pergaulan akan mempengaruhi pola pikir kita (I Korintus 15:33). Pergaulan akan membentuk kebiasaan, dan kebiasaan akan membentuk karakter, karakter akan menentukan masa depan kita. Jadi mari jaga pergaulan kita. Kita memiliki begitu banyak kegiatan gereja dalam sepekan untuk menjaga pergaulan kita tetap ada dalam lingkungan keluarga Allah. Karena itu mari terlibat di dalamnya!
- Dampak kehidupan rohani. Apa yang terjadi dalam roh terimpartasi dalam tubuh jasmani. Karena itu jika secara jasmani kita sudah tercemar maka pasti roh kita pun telah dicemari. Mari jaga kehidupan kita dengan menjaga pergaulan kita.
5. HIDUP DALAM FIRMAN TUHAN (Mazmur 1:2-3)
Orang yang berhasil dan diberkati adalah orang yang memiliki “kesukaan” akan firman Tuhan. Kesukaan sama dengan hobby/ kegemaran. Mari ganti hobby kita dengan merenungkan FirmanNya siang dan malam sehingga apapun yang kita kerjakan akan berhasil dan kita akan beruntung di setiap jalan-jalan kita.
Ketika Allah selesai menciptakan dunia dengan segala isinya, lembaga yang kali pertama Ia ijinkan untuk beroperasi adalah lembaga perkawinan. Alkitab mencantumkan begitu jelas "rules" untuk sebuah pernikahan. 
Lembaga perkawinan melahirkan sebuah keluarga. Itu sebabnya pernikahan merupakan kondisi normal atau keadaan alamiah yang mau tidak mau berlangsung dalam kehidupan semua umat manusia, tanpa terkecuali. Pernikahan merupakan hak asasi yang Tuhan berikan kepada semua umat manusia. Lembaga perkawinan merupakan suatu persahabatan atau suatu kesatuan yang jauh melebihi seks (Maleakhi 2:14). Pernikahan adalah suatu kesatuan sosial dan spiritual, juga kesatuan seksual. Pernikahan yang dibangun atas dasar hubungan persekutuan persahabatan, dimana suami-istri saling mengasihi dan mencintai akan jauh lebih kuat dibandingkan dengan pernikahan yang dibangun karena hubungan seksual. Pernikahan juga merupakan kesatuan yang tercipta dari suatu komitmen dari janji-janji yang timbal balik. Komitmen ini tersirat dari sejak mulanya di dalam konsep meninggalkan orangtua dan bersatu dengan istrinya (Maleakhi 2:14; Amsal 2:17). Allah adalah saksi atas suatu pernikahan. Dialah yang mengadakan pernikahan dan menjadi saksi atas janji-janji tersebut (Matius 19 :6). Mengapa seorang lagi-lagi dianjurkan menikah? Apa tujuan pernikahan menurut Allah? 
Pertama, Pernikahan dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan emosional, "Tidak baik manusia seorang diri" (kejadian 2:18). 
Kedua, Pernikahan mempunyai tujuan sosial, ''Beranak-cuculah dan bertambah banyak..." (Kejadian 1:28). 
Ketiga, Pernikahan bertujuan mencegah imoralitas, "... tetapi mengingat bahaya percabulan, baiklah seorang laki-laki mempunyai istrinya sendiri dan setiap perempuan mempunyai suaminya sendiri" (1 Korintus 7:2). 
Keempat, Pernikahan ditetapkan Tuhan untuk memenuhi kebutuhan rohani, agar suami istri mengalami kepenuhan di dalam kasih Kristus (Efesus 5:22-23), serta memancarkan kasih-Nya kepada sekelilingnya.

MEMBANGUN KELUARGA YANG HARMONIS




“Isterimu akan menjadi seperti pohon anggur yang subur di dalam rumahmu; anak-anakmu seperti tunas pohon zaitun sekeliling mejamu! Sesungguhnya demikianlah akan diberkati orang laki-laki yang takut akan TUHAN.” Mazmur 128:3-4
Membangun itu sesuatu yang di mulai dari bawah, ada dasarnya ada struktur bangunannya, ada bangunan yang didirikan. Untuk membangun yang paling utama adalah dasarnya, dasar yang kokoh maka akan ada bangunan kokoh yang berdiri di atasnya.
Untuk meliki keluarga Kristiani yang takut akan Tuhan, kita harus memulai dari dini, didasari akan kebenaran Firman Tuhan, di kokohkan dengan doa-doa, dibangun dengan kasih.
Bagaimana caranya kita membangun budaya Kristen dalam keluarga kita? Firman Tuhan menjelaskan kepada kita dimulai dari orangtua yang mempunyai hati takut akan Tuhan, lalu kemudian di turunkan kepada generasi berikutnya dengan membicarakan tentang Tuhan, mengajarkan tentang Tuhan, dalam segala situasi, ketika membicarakan tentang sekolah, tentang teman bergaul mereka, tentang masa depan mereka, bahkan ketika menegur mereka, selalu menyertakan Firman Tuhan. Namun ingat bukan sebagai hakim yang menghakimi tetapi dinyatakan dengan hikmat Tuhan. Caranya? Tentu saja melalui diri kita terlebih dahulu yang harus memiliki hubungan dengan Tuhan secara pribadi. Tidak ada yang mustahil bagi Tuhan, ketika Ia berfirman maka Ia akan memampukan kita untuk sanggup melakukannya. Apakah kita mau? Mari jadikan itu menjai budaya hidup kita, yaitu Tuhan, bukan yang lain, bukan menurut Sang motivator A atau B, sang penulis A atau B tapai apa yang Tuhan Firmankan. Dan FirmanNya itu sempurna adanya.
Akhir-akhir ini, kita mendengar tingginya tingkat perceraian. Bahkan masalah-masalah muncul dan kian rumit di tengah-tengah rumah tangga. Diperkirakan bahwa keluarga-keluarga yang ada tidak sanggup menghadapi perkembangan zaman ini. Sehingga keluarga-keluarga yang ada pada goyah, bahkan retak dan hancur berkeping-keping. Ini semua terjadi karena setiap orang berusaha sendiri dengan kekuatan mereka untuk membangun sebuah keluarga yang bahagia.
Hari ini firman Tuhan menjelaskan bagaimana mengatasi masalah-masalah keluarga yang sedang timbul. Bahkan membangunnya menjadi sebuah keluarga yang harmonis. Kuncinya adalah dimulai dari laki-laki sebagai kepala keluarga. Firman Tuhan menjelaskan bahwa laki-laki harus takut kepada Tuhan. Jika suami ini takut kepada Tuhan. Allah akan mengubah istrinya menjadi istri yang tunduk kepada suami. Demikian juga anak-anak akan patuh dan menghormati orang tua.
Pertengkaran yang sering terjadi adalah suami istri saling mengatur. Sedangkan mereka tidak dapat mengatur dirinya sendiri. Kita harus jujur tidak bisa mengatur satu dengan yang lain. Karena mengatur dirinya sendiri saja tidak bisa. Jika seorang salah satu dari kita takut akan Tuhan. Tuhan sendiri yang akan membentuk pasangan dan anak-anak kita. Bahkan Tuhan sendiri yang akan membangun keluarga kita menjadi sebuah keluarga yang bahagia dan harmonis.
Dimulai dari suami yang takut akan Tuhan. Sebuah keluarga tercipta oleh karya Tuhan sendiri dan bukan usaha kita.
Percakapan dari hati ke hati antar anggota keluarga sangat penting guna membangun saling pengertian dan hidup keluarga yang rukun. Yonatan mau memastikan keberadaan hati ayahnya, Saul. Dengan membangun komunikasi, Yonatan berharap memperoleh informasi berharga tentang niat dan rencana ayahnya kepada Daud. Yonatan sendiri mau menjadi komunikator yang jujur sehingga apapun kebenarannya dapat diteruskan tanpa ada sensor atau rekayasa.
Komunikasi pasti membutuhkan waktu dan kejujuran dari semua pihak.
 Pendapat dan penilaian pihak luar dapat menyimpang jika secara internal kita mengenali suami, istri dan anak-anak kita dengan baik. Keluarga selalu menjadi sasaran kuasa kegelapan guna menghancurkan lembaga yang diciptakan Allah. Serangan utama tentu ditujukan kepada imam dalam keluarga, yakni ayah atau bapak. Mengabaikan fungsi rohani itu berarti membiarkan hidup keluarga berada dalam jurang kehancuran. Keluarga yang mengambil keputusan bercerai, menjadi contoh buruk tentang mandulnya fungsi rohani seorang ayah sebagai imam keluarga.
Komunikasi dengan hati, dengan perasaan perlu dikembangkan dalam pola percakapan keluarga. Sikap otoriter dan masa bodoh, tidak menolong masa depan keluarga. Komunikasi satu arah hanya mendatangkan salah pengertian dan sakit hati. Satu mulut dan dua telinga, mengingatkan kita untuk banyak mendengar ketimbang berbicara. Baiklah perkataan-perkataan kita memberkati semua orang daripada mendatangkan kepahitan dan pertengkaran. Dari Berbagai Sumber